BANTALAN
Bantalan merupakan salah satu bagian dari elemen mesin
yang memegang peranancukup penting karena fungsi dari bantalan yaitu untuk
menumpu sebuah poros agarporos dapat berputar tanpa mengalami gesekan yang
berlebihan. Bantalan haruscukup kuat untuk memungkinkan poros serta elemen
mesin lainnya bekerja denganbaik.
prinsip
Kerja Bantalan
Apabila ada dua buah logam yang bersinggungan satu
dengan lainnya salingbergeseran maka akan timbul gesekan , panas dan keausan
.Untuk itu pada kedua benda diberi suatu lapisan yang dapat mengurangi gesekan
,panas dan keausan serta untuk memperbaiki kinerjanya, ditambahkan
pelumasansehingga kontak langsung antara dua benda tersebut dapat dihindarai.
Pada umumya
bantalan dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian yaitu :
a.Bantalan
Luncur
b.Bantalan
gelinding
Pada bantalan ini terjadi gesekan luncur antara poros
dan bantalan karenapermukaan poros ditumpu oleh permukaan bantalan dengan
perantaraan lapisan pelumas. Berdasarkan konstruksinya bantalan luncur
dibedakan menjadi:a) Bantalan Luncur Radial Bantalan ini untuk mendukung gaya
radial dari batang torak saat berputar.Konstruksinya terbagi / terbelah menjadi
dua agar dapat dipasang pada poros.
Berdasarkan
konstruksinya, bantalan luncur terbagi menjadi 3 Jenis, yaitu:
1. Bantalan luncur radial (Jurnal bearing)
Bantalan ini untuk mendukung gaya radial dari batang torak saat berputar. Konstruksinya terbagi / terbelah menjadi dua agar dapat dipasang pada poros engkol
1. Bantalan luncur radial (Jurnal bearing)
Bantalan ini untuk mendukung gaya radial dari batang torak saat berputar. Konstruksinya terbagi / terbelah menjadi dua agar dapat dipasang pada poros engkol
2. Bantalan
luncur aksial (Thrust bearing)
Bantalan ini menghantarkan poros engkol menerima gaya aksial yaitu terutama pada saat terjadi melepas / menghubungkan plat kopling saat mobil berjalan. Konstruksi bantalan ini juga terbelah / terbagi menjadi dua dan dipasang pada poros jurnal bagian paling tengah.
Bantalan ini menghantarkan poros engkol menerima gaya aksial yaitu terutama pada saat terjadi melepas / menghubungkan plat kopling saat mobil berjalan. Konstruksi bantalan ini juga terbelah / terbagi menjadi dua dan dipasang pada poros jurnal bagian paling tengah.
3. Bantalan
khusus
Yaitu kombinasi antara bantalan radial dan aksial
Yaitu kombinasi antara bantalan radial dan aksial
Bahan
untuk bantalan luncur harus memenuhi persyaratan berikut:
·
Mempunyai
kekuatan yang cukup (tahan beban dan kelelahan)
·
Dapat
menyesuaikan diri terhadap lenturan poros yang tidak terlalu besaratau terhadap
perubahan bentuk yang kecil
·
Mempunyai
sifat anti las (tidak dapat menempel) terhadap poros jika terjadikontak dan
gesekan antara logam dan logam
·
Sangat tahan
karat
·
Dapat
membenamkan kotoran atau debu kecil
·
Murah
harganya
·
Tidak
terlalu terpengaruh oleh temperature
Berdasar
bahannya batalan luncur dibedakan menjadi:
a) Bantalan
satu bahan
Yaitu
bantalan yang terbuat dari satu jenis bahan sajaseperti besi tuang kelabu atau
perunggu. Jenis ini hanyadigunakan pada motor dengan beban ringan.
b) Bantalan
dua bahan
Bantalan ini
mempunyai dua bahan untuk pendukung danuntuk bagian luncurnya.Untuk bagian
pendukungnyaterbuatdari Cuprum ( Cu) , Plumbum ( Pb), Sn ataupaduan alumunium ,
sedanng bagian luncurnya biasanyaterbuat dari : Pb atau Sn. Jenis ini mempunyai
sifat luncuryang baik serta daya dukungnya lebih besar
Keuntungan:
a. Tidak peka terhadap beban kejut dan
goncangan, karena bantalan luncurmemiliki bidang penopang dan bidangpelumasan
yang lebar.
b.
Bantalan
luncur tidak terlalu peka terhadap debu / kotoran, maka dari itukurang
membutuhkan seal.
c.
Tinggi angka
putaran tidak terbatas karena tidak ada gesekan langsung antaralogam dengan
logam, tetapi yangada berupa gesekan antara logam denganpelumas.
d.
Bantalan
luncur konstruksi belahan memungkinkan pembongkaran danpemasangan kembali dari
poros dapatdilakukan dengan mudah.
e. Bantalan luncur yang dapat diatur
kembali kelonggarannya memungkinkandicapainya karakter putaran yang presisi.
1.
Single row groove ball bearings
Bearing ini mempunyai alur dalam pada kedua cincinnya.
Karena memiliki alur, maka jenis ini mempunyai kapasitas dapat menahan beban
secara ideal pada arah radial dan aksial. Maksud dari beban radial adalah beban
yang tegak lurus terhadap sumbu poros, sedangkan beban aksial adalah beban yang
searah sumbu poros.
2.
Double row self aligning ball bearings
Jenis ini mempunyai dua baris bola, masing-masing
baris mempunyai alur sendiri-sendiri pada cincin bagian dalamnya. Pada umumnya
terdapat alur bola pada cincin luarnya. Cincin bagian dalamnya mampu bergerak
sendiri untuk menyesuaikan posisinya. Inilah kelebihan dari jenis ini, yaitu
dapat mengatasi masalah poros yang kurang sebaris.
3. Single row angular contact ball bearings
Berdasarkan konstruksinya, jenis ini ideal untuk beban
radial. Bearing ini biasanya dipasangkan dengan bearing lain, baik itu dipasang
secara pararel maupun bertolak belakang, sehingga mampu juga untuk menahan
beban aksial.
4. Double
row angular contact ball bearings
Disamping dapat menahan beban radial, jenis ini jgua
dapat menahan beban aksial dalam dua arah. Karena konstruksinya juga, jenis ini
dapat menahan beban torsi. Jenis ini juga digunakan untuk mengganti dua buah
bearing jika ruangan yang tersedia tidak mencukupi.
5. Double row barrel roller bearings
Bearing ini mempunyai dua baris elemen roller yang
pada umumnya mempunyai alur berbentuk bola pada cincin luarnya. Jenis ini
memiliki kapasitas beban radial yang besar sehingga ideal untuk menahan beban
kejut.
6. Single row cylindrical bearings
Jenis ini mempunyai dua alur pada satu cincin yang
biasanya terpisah. Eek dari pemisahan ini, cincin dapat bergerak aksial dengan
mengikuti cincin yang lain. Hal ini merupakan suatu keuntungan, karena apabila
bearing harus mengalami perubahan bentuk karena temperatur, maka cincinya akan
dengan mudah menyesuaikan posisinya. Jenis ini mempunyai kapasitas beban radial
yang besar pula dan juga cocok untuk kecepatan tinggi.
7. Tapered
roller bearings
Dilihat dari konstriksinya, jenis ini ideal untuk
beban aksial maupun radial. Jenis ini dapat dipisah, dimana cincin dalamnya
dipasang bersama dengan rollernya dan cincin luarnya terpisah.
8. Single direction thrust ball bearings
Bearing jenis ini hanya cocok untuk menahan beban
aksila dalam satu arah saja. Elemenya dapat dipisahkan sehingga mudah melakukan
pemasangan. Beban aksial minimum yang dapat ditahan tergantung dari
kecepatannya. Jenis ini sangat sensitif terhadap ketidaksebarisan
(misalignment) poros terhadap rumahnya.
9. Double
direction thrust ball bearings
Bearing jenis ini hanya cocok untuk menahan beban
aksila dalam satu arah saja. Elemenya dapat dipisahkan sehingga mudah melakukan
pemasangan. Beban aksial minimum yang dapat ditahan tergantung dari kecepatannya.
Jenis ini sangat sensitif terhadap ketidaksebarisan (misalignment) poros
terhadap rumahnya.
10.
Ball and socket bearings
Bearing jenis ini mempunyai alur dalam berbentuk bola, yang bisa membuat elemennya berdiri sendiri. Kapasitasnya sangat besar terhadap beban aksial. Selain itu juga dapat menahan beban radial secara simultan dan cocok untuk kecepatan yang tinggi.
Bearing jenis ini mempunyai alur dalam berbentuk bola, yang bisa membuat elemennya berdiri sendiri. Kapasitasnya sangat besar terhadap beban aksial. Selain itu juga dapat menahan beban radial secara simultan dan cocok untuk kecepatan yang tinggi.
Sumber: Google
thanks ya gan sudah berbagi info saya turut senang untuk membaca artikel agan
obat bius
semoga artikel yang anda post menjadi prioritas pembaca
obat bius
terima kasih artikel anda sangat membantu semoga sukses selalu
OBAT KUAT
jualPEMBESAR PENIS
AGEN VIMAX
KHASIAT VIMAX KAPSUL
OBAT PEMBESAR PENIS
VIMAX KAPSUL ASLI PALEMBANG
VIMAX ASLI
VIMAX CANADA ORIGINAL
JUAL VIMAX ASLI
VIMAX ASLI GORONTALO
VIMAX CANADA ORIGINAL
OBAT HAMMER OF THOR ASLI
OBAT KUAT VIAGRA
CREAM KUDA JANTAN
OBAT PENYUBUR KANDUNGAN
HAMMER OF THOR ASLI DI MATARAM
pembesar penis di sidoarjo
obat prangsang
obat prangsang
obat prangsang
obat prangsang
obat prangsang
obat prangsang
obat mandul
obat bius
obat titan jell
jual alat bantu sex
WA 082328815757 pin DCC9704D
jual titan gel
titan gel asli
titan gel
obat perangsang
hammer of thor
obat kuat pria
Sangat membantu boss
Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.
Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.
Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.
Mobile : 0813-1084-9918
Whatsapp : 0813-1084-9918
name : Tommy. K
Email1 : tommy.transcal@gmail.com
Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -
Plus, earning money online using it is as simple as 1, 2, 3!
Here are the steps to make it work...
STEP 1. Choose which affiliate products you intend to promote
STEP 2. Add push button traffic (it LITERALLY takes JUST 2 minutes)
STEP 3. See how the system explode your list and upsell your affiliate products all on it's own!
Do you want to start making money???
Check it out here
Daftar Pustakanya mana?